October 9, 2018

Anak adalah peniru ulung



DAY06-TantanganGameLevel2

Pada #Harike6 Alhamdulillah Mahira memang sudah cukup pandai jika makan sendiri. Sering kali ia menolak jika disuapi. Di atas high chairnya ia senang melalukan eksperimen seperti menggunakan krupuk sebagai sendok makannya, ataupun menggunakan supit untuk menusuk makanan yang bisa ia nikmati dalam sensasinya saat makan.

Kemampuannya untuk bisa makan sendiri sudah terlihat sejak empat hari saat awal MPASI. Mahira meraih sendok yang aku pegang dan ia merengek untuk memegangnya sendiri. Kemudian ia mencoba mengikuti gerakan tanganku dengan menyendokkan makanan ke dalam pure manga dan memasukkannya ke dalam mulut.

Pada suapan kedua sendoknya mengenai gusi dan ia menangis. Sejak saat itu saya mengganti sendoknya, namun ia lebih nyaman menggunakan tangan. Saya memang mixing antara SF dan BLW, sesuai mood Mahira saat makan. Namun saat menjalankan BLW, jangan ditanya. Tidak hanya tangan yang harus dicuci, bahkan banyak properti yang harus saya cuci. Dari mulai high chair, lantai, bibs, hingga seringnya Mahira harus mandi dan berganti pakaian.

Dalam hal meniru, anak adalah peniru ulung. Mesin fotocopy tercepat yang membuat saya lebih berhati-hati dalam memerankan suatu sikap kepadanya. Kebiasan mencuci tangan yang benar sesuai standar kesehatanpun harus dicontohkan dengan benar. Bisa jadi anak-anak cuci tangan sembarangan juga karena apa yang ia lihat demikian.

Alhamdulillah pada hari keenam, Mahira sudah mulai bisa mengikuti contoh yang saya ajarkan. Ketika tadi siang makan dengan tangan dan tangannya begitu lengket, ia meminta untuk turun dari high chair dan menuju ke kamar mandi untuk mencuci tangan. Di bawah kran yang handlenya cukup tinggi, Mahira mengikuti arahan saya dengan monggosok-gosok punggung tangannya. Namun ia hanya melakukan pada tangan kirinya (Dengan menggunakan tangan kanannya), saat saya perintahkan untuk bergantian. Mahira masih terlihat kesulitan.

Namun proses belajar mencuci tangan sendiri, saya nilai sudah mengalami peningkatan yang cukup baik. Sebelumnya saya selalu mencucikan tangannya. Materi kemandirian pada anak ini menggugah saya untuk melatihkan kemandirian Mahira dalam mencuci tangannya sendiri. Semoga dari hal yang kecil tapi penting ini, Mahira dapat segera beradaptasi dan saya akan mulai kenalkan kemandirian yang akan saya latih selanjutnya.
Semoga dimampukan. Amin.




#Harike6
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional
#onedayoneposting
#ODOP_6


No comments:

Post a Comment