October 8, 2018

Lebih baik membaca satu bab dua kali





DAY05-TantanganGameLevel2

Pada #Harike5 hari ini Mahira masih dibantu Ibu untuk mencuci tangan. Kadang kala Ananda begitu antusias namun hari ini tidak terlalu antusias dalam mencuci tangan. Ibu saja yang mencucikan, begitu signal yang Ananda berikan.  Namun Mahira sudah membiasakan diri mengelap tangan dengan handuk  kering selepas mencuci tangan dan meletakkan handuknya kembali di jemuran. Sekalipun posisi meletakkannya belum begitu rapi, saya sangat mengapresiasi kemandirian Mahira mengembalikan handuknya ke tempat yang sesuai. MasyaAllah…

Saya sangat memahami bahwa proses belajar tidak ada yang instan. Butuh waktu dan kesabaran saat membersamai anak menuju kemandirian dalam beberapa aktivitas sehari-hari (proses belajar) Saya juga bukan tipe yang mengajarkan beberapa poin dalam satu waktu, saya ingin proses belajar lebih fokus dan dengan pengulangan hingga ilmu tersebut terserap dengan baik. Kecuali dalam usia tertentu beberapa anak ada yang senang belajar dengan  ritme yang cepat.

Papa saya pernah bilang ke saya saat menjelang UTS Semester pertama saat kuliah dulu, lebih baik membaca satu bab dua kali dari pada membaca dua bab satu kali.  Kemudian  nasihat itu memang saya terapkan dalam diri saya sendiri dan saya  mengadopsinya untuk proses belajar bersama Mahira. Alhamdulillah Mahira adalah anak yang sangat suka belajar. MasyaAllah..  untuk beberapa poin kemandirian bahkan saya tidak mengajarkan Mahira mampu mencontoh dengan sangat baik dari perilaku sehari-hari role model di rumah. MasyaAllah..

Contoh saja, membuang sampah, mengambil daun kering dan dikumpulkan sebagai sampah, mengelap sesuatu jika ada yang tumpah atau menyapu jika ada yang kotor, Mahira juga selalu mengambil makanan yang jatuh agar tidak mubazir, membantu aktivitas saya menjemur pakaian kecil dan menawarkan bantuan.

“Ibuk, hiya antu” (Ibu Mahira bantu)

“Mau antu.” (Mau bantu)

Sayangnya hal sepele seperti mencuci tangan belum menjadi perhatian Mahira, karena ternyata selama saya melakukannya tidak melibatkan ia untuk melihat saya mencuci tangan. Jadi hari ini saya melibatkan ia untuk mencuci tangan dan juga sikat gigi. Semoga dengan ia melihat, ini akan menggugahnya untuk meniru atau mencontoh sehingga kemandirian yang saya ajarkan cepat terlaksana dengan baik oleh Ananda. Aamiin…




#Harike5
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional
#onedayonepost
#ODOP_6



No comments:

Post a Comment