October 4, 2018

Mahira belajar mencuci tangan-Day01





DAY01-TantanganGameLevel2

Alhamdulillah, kelas Bunda Sayang sudah memasuki bulan kedua, artinya masuk juga pada materi kedua yaitu mengenai “Melatih Kemandirian”. Materi ini dipilih oleh tim tentunya bukan tanpa alasan. Melainkan kemandirian inilah yang umumnya menjadi PR besar bagi Bunda dan juga Ananda. Pada Tantangan Game Level 2 ini, saya dan suami sudah mendiskusikan kemandirian apa yang perlu kami latih pada Mahira yang memasuki usia 22 bulan. Tentunya kemandirian yang kami latih sangat diperlukan kedepannya agar Mahira terbiasa dengan habit yang positif.

Kami memulainya dengan melatih kemandirian Mahira dalam “Mencuci Tangan”
Jika dalam beberapa hari, Mahira sudah bisa mencapai Goal dibawah ini, maka kami akan melanjutkannya dengan latihan kemandirian yang lain.

Ada banyak orang yang berpikir bahwa mencuci tangan sesering mungkin akan membuang waktu mereka. Namun sejak hamil kebiasaan mencuci tangan ini memberikan habit yang juga ingin saya tularkan ke Mahira. Saya pribadi cukup sering bolak-balik mencucikan tangan Mahira sejak ia mulai menyentuh banyak hal sebagai latihan sensorinya. 

Mencuci tangan bagi saya sangat penting sekali, karena kita tidak dapat melihat kuman. Maka sebagai antisipasi, saya harus mencuci tangan saya sesering mungkin untuk mencegah kuman atau virus berkembang dalam telapak tangan yang bisa berdampak buruk bangi kesehatan.  

Mungkin yang paham saya sangat dekat dengan wastafel atau sink, kran dan air adalah orang yang sangat memperhatikan saya, jika saya begitu menyukai mencuci tangan. Haha…

Goal kemandirian mencuci tangan untuk Mahira antara lain, ia dapat menyadari kapan harus mencuci tangannya, mencuci tangan dimana, dan seberapa tingkat bersih yang dimaksud, membuka dan menutup kran serta mengelap tangannya dengan handuk bersih atau lap bersih.

Pada #Harike1 Mahira berjalan menuju kran terendah di rumah Eyang Uti, letaknya cukup jauh dari kamar tidur.  Dibantu Ibu karena harus melewati beberapa anak tangga.  Mahira begitu berhati-hati melangkah dan dengan arahan saya ia dapat membuka kran namun ia membuka kran dengan volume begitu besar sehingga bajunya basah semua. Mahira tertawa saat bajunya basah semua, ini adalah baju ketiga dalam proses mencuci tangan yang belum berhasil. MasyaAllah… 

Besok Mahira coba lagi ya untuk membuka kran dengan seperlunya (agar air tidak terlalu banyak)
Mahira suka melakukan kegiatan mencuci tangan. Alhamdulillah…




#Harike1
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional




No comments:

Post a Comment