October 31, 2018

Aliran Rasa Materi Melatih Kemandirian



Alhamdulillah…
Tantangan Game Level 2, materi Melatih Kemandirian Anak sudah saya selesaikan. Sekalipun praktek tersebut masih berlangsung hingga saat ini dan indikator kemandirian tersebut belum mencapai One Week One Skill.

Saat materi ini diberikan, saya memang sudah tidak asing lagi karena dalam kesehariannya Mahira cukup gasik saya perkenalkan dengan kemandirian. Namun ternyata semua itu ada tahapannya, tidak bisa serta merta kita memaksakan kehendak kita. Agar anak bisa melakukannya sendiri dengan segera. Jadi dalam proses membersamai Ananda dalam melatih kemandirian, saya lebih mengarahkan pada goal kemandirian kesadaran, tahap ini saya pilih karena kemandirian juga akan mudah terserap sesuai dengan kematangan usia anak.  

Saya juga lebih banyak mencontohkan agar praktek kemandirian tersebut dapat di copy oleh Ananda. Kemandirian yang saya ajarkan ada tiga, pertama Mahira dapat menyadari kapan ia harus mencuci tangan. Kedua, Mahira dapat menyadari kapan ia harus sikat gigi dan ketiga lebih kepada pengenalan proses TT. Dari ketiga proses belajar tersebut, saya akui butuh kuantitas sabar yang banyak terutama pada bagian mengajaknya untuk menyikat gigi.

Ada moment dimana saya senang Mahira mau menyikat gigi sendiri tapi saya khawatir karena proses menyikatnya yang tentu tidak bersih. Disinilah saya belajar memberikan kepercayaan kepada Ananda.

Materi kali ini membuat saya memahami bagaimana proses belajar itu berlangsung terutama pad adiri saya sendiri, bahwa melatih kemandirian bukan saja anak dapat melakukan semua sendiri tanpa bantuan orang tua namun melatih kemandirian kepad aanak sebenarnya adalah bagian sari memberi kepercayaan kepadanya.

Menanamkan kepercayaan kepada anak, bahwa mereka adalah anak yang baik, cerdas dan mandiri. Maka secara naluriah mereka akan menjaga dan mempertahankan apa yang kita percayakan kepada mereka.

Ketika kita memberikan prasangka yang baik padanya, secara naluriah pula tingkat kepercayaan itu meningkat bukan? Sehingga menjadikan munculnya energi untuk terus berbuat baik dan membuat kita dan orang-orang yang disayangi merasa bangga padanya. Masyaallah.
#AliranRasa
#TantanganGameLevel2
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional
#BundaSayang



No comments:

Post a Comment