October 20, 2018

T17-LAMPU HAZARD 2





DAY17-TantanganGameLevel2
Hari ini adalah T17 artinya saya sudah mencapai batas maksimal dalam mengikuti tantangan game level 2. 17 Hari melatih kemandirian Mahira dengan One week one skill diantaranya adalah kesadaran kapan harus mencuci tangan, kapan harus menyikat gigi dan mengatakan pipis saat hendak pipis, merupakan proses belajar yang seru dan luar biasa. saya jadikan ini sebagai Lampu hazard 2  yang fungsinya menjadi alert pribadi saya untuk terus melatih Ananda dalam mencapai proses kemandirian dari poin terkecil hingga terbesar sesuai usianya.

Bercerita sedikit kegiatan hari ini, menutup rangkaian tantangan terakhir game level 2, pagi hari ini adalah pagi dimana Mahira dalam sleep routine yang tepat. Tidur siang dan terbangun pukul 16.00 hingga akhirnya pada pukul 21.00, ia sudah terkantuk dan tidur. Alhamdulillah pagi hari ini kami sarapan di outdoor, menikmati suara burung yang memenuhi pohon manga dan pohon jati depan rumah kami.

Mereka berterbangan dari dahan satu ke dahan lain, tidak berhenti dan begitu riang. Mahira masih dengan kantuknya memakan bandos yang ia beli bersama eyang uti. Masih hangat, sehanggat teh yang saya siapkan untuk orang rumah.

Sesekali Mahira mendongak terus ke atas, mengechek langit yang biasanya berhias burung bangau terbang ke arah utara pada sore hari. Namun pada pagi hari mereka terbang ke selatan. Mahira adalah follower setia Utinya, pagi itu sarapanpun minta dipangku Uti, bahkan tidak mau lepas sama sekali. Karena hal itu Utinya menyarankan agar Mahira menggunakan Clodi dulu, mengingat kami juga makan di outdoor dengan alas tikar.

Dalam beberapa kondisi, Mahira terkadang tidak bisa untuk kooperatif mengkin karena energi pagi setelah bangun tidur belum begitu terkumpul dengan baik. Sehingga rasanya Mahira terus bergelayur manja.

Sukses hingga malam hari dan saat ini anaknya tidur. Ia tidak mau pipis ke toilet. Bahkan ia tidak mau hnya menggunakan celana saja. Namun untuk kemandirian dia mencuci tangan, saya patut berbangga. Kemampuannya mencuci tangan lebih baik lagi, ia pun menyadari setelah memegang makanan dan selesai ia harus mencuci tangannya. MasyaAllah.. Tabarakallah…

Malam ini Mahira masih terus saya sounding mengenai proses belajar TTnya yang akan saya lanjutkan. Perlahan namun bisa ia lakukan dengan maksimal, entah kapan hari tersebut tiba ia berhasil TT dan membersihkan dirinya sendiri. Ibu yakin, semua tulisan-tulisan Ibu bisa menjadi rekam jejak proses belajar Mahira yang kelak bisa kamu baca nak…

Semangat terus untuk semua Ibu yang sedang membersamai anandanya dalam melatih kemandirian anak.  



#Harike17
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional
#onedayonepost




No comments:

Post a Comment