October 6, 2018

Memanfaatkan cahaya dari wall lamp







#Ibu Mahira berkisah mengenai: Cahaya
# Hari 13

Mahira… jadi waktu itu Ibu dapat hadiah dari teman Ibu. Sebuah buku antologi. Teman Ibu ini juga salah satu kontributornya. MasyaAllah…

Kemudian Ibu berinisiatif untuk mengambil foto buku tersebut. Ibu memilih latar yang sesuai, mencari latar malam hari dengan cahaya yang mendukung. Akhirnya Ibu menemukan tempat yang cocok, yaitu kolam ikan dekat taman kantor Ayah. Disana ada dinding dengan space hanya 1 cm, kemudian ada wall lamp yang menyorot ke bagian atas. Latar itu kemudian Ibu manfaatkan untuk mengambil gambar buku.

Jadi saat kita menemani Ayah lembur kala itu,, Ibu sekalian menggunakan kesempatan ini untuk mengambil foto. Cukup susah memang menemukan latar yang senada dengan covernya dan menurut Ibu pencahayaan pada wall lamp itu cantic apalagi di outdoor.

Ada perasaan takut jika buku tersebut jatuh saat Ibu memfotonya. Karena bukunya belum Ibu baca, tentu Ibu sangat berhati-hati dan terus berdoa. Pekerjaan mengambil foto ternyata susah-susah gampang nak.. kita harus pandai menemukan latar yang pas, angel yang pas, cahaya yang sesuai dan teknik pengambilan gambar yang cocok.

Lihat Mahira… buku ini ada gambar lenteranya yang memancarkan cahaya, cahaya membuat keadaan gelap menjadi terang dan tampak lebih jelas. Semakin banyak cahaya yang ada, semakin terang keadaan sekitar. Namun terlalu banyak cahaya membuat kita juga silau. Mata berakomodasi ekstra saat kekurangan cahaya, sehingga Mahira saat beraktivitas harus cukup cahaya.

Saat tidur Ibu sering mematikan lampu, keadaan ruangan tanpa cahaya, tidak kelihatan apa namanya Mahira?
Kemudian saya mematikan lampu.

“Geyaaapppp buk. Geyap.” Ucap Mahira

“Nah..kalau sekarang ada cahaya lampu lagi jadi teraang.” Timpal saya.

“Yang..” Mahira mengikuti saya.

“Sekarang Mahira pejamkan mata ya? Ibu akan mematikan lampu dan kita segera bersiap tidur.”

Note: Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm. Pada bidang fisika, cahaya adalah radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang kasat mata maupun yang tidak. Selain itu, cahaya adalah paket partikel yang disebut foton. (Wikipedia)




#Day13
#BundaBerkisah
#Pejuang Literasi
#onedayonepost
#ODOP_6



No comments:

Post a Comment